6 Cara Menurunkan Hipertensi

Berikut ini enam kiat sederhana untuk membantu mengembalikan tekanan darah Anda ke kisaran normal.

1. Menurunkan berat badan
Sejauh ini cara yang paling efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah menurunkan berat badan, kata Fisher. Dan itu tidak membutuhkan penurunan berat badan yang besar untuk membuat perbedaan. Bahkan kehilangan sekecil 10 pon dapat menurunkan tekanan darah Anda.

2. Baca label di produk konsumsi
Orang Barat makan terlalu banyak diet sodium, hingga tiga kali jumlah total yang disarankan, yaitu 1.500 miligram (mg) setiap hari untuk orang dengan tekanan darah tinggi, kata Dr. Fisher. Tidak perlu banyak sodium untuk mencapai tutup harian 1.500-mg – hanya 3/4 sendok teh garam. Ada setengah dari jumlah natrium dalam satu sandwich sarapan Egg McMuffin. Menyiangi makanan tinggi sodium dengan membaca label dengan hati-hati. “Sangat sulit untuk menurunkan sodium diet tanpa membaca label, kecuali Anda menyiapkan semua makanan Anda sendiri,” kata Dr. Fisher. Hati-hati khususnya apa yang telah dijuluki American Heart Association sebagai “enam asin”, makanan umum di mana jumlah sodium yang tinggi mungkin bersembunyi:
• roti dan roti gulung
• potongan daging dingin dan daging yang diawetkan
• Pizza
• unggas
• Sup
• sandwich

3. Banyak bergerak
Tidak perlu banyak berolahraga untuk membuat perbedaan dalam kesehatan Anda. Arahkan selama setengah jam setidaknya lima hari seminggu. “Pastikan Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, atau tidak akan menempel,” kata Fisher. “Untuk beberapa yang berarti menari; bagi yang lain, bersepeda atau berjalan cepat dengan seorang teman.” Bahkan aktivitas sehari-hari seperti berkebun dapat membantu.

4. Latihan angkat beban
“Tambahkan beberapa latihan angkat berat ke latihan Anda untuk membantu menurunkan berat badan dan tetap bugar. Wanita kehilangan massa otot dengan mantap saat kita menua, dan angkat berat adalah bagian yang sering dilupakan dari rencana latihan bagi kebanyakan orang,” kata Fisher.

5. Batasi minuman beralkohol
Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak, terlalu sering, dapat meningkatkan tekanan darah Anda, maka hindarilah alkohol.

6. Hilangkan stress dengan meditasi harian atau sesi bernafas dalam
Hormon stres dapat menyempitkan pembuluh darah Anda dan dapat menyebabkan lonjakan sementara tekanan darah. Selain itu, seiring waktu, stres dapat memicu kebiasaan tidak sehat yang membahayakan kesehatan kardiovaskular Anda. Ini mungkin termasuk makan berlebihan, tidur yang buruk, dan menyalahgunakan obat-obatan dan alkohol. Untuk semua alasan ini, mengurangi stres harus menjadi prioritas utama jika Anda ingin menurunkan tekanan darah Anda. – Sumber – www.health.harvard.edu

Hubungi (0361) 3003030 atau 3004040 untuk registrasi/pendaftaran konsultasi dengan dokter spesialis Rumah Sakit Kasih Ibu.

Leave a reply