Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik Bagi Penderita Diabetes

International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan bahwa epidemi Diabetes di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan meningkat. Data yang dilaporkan Departemen Kesehatan menyatakan jika Indonesia merupakan negara peringkat keenam di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil dan Meksiko dengan jumlah penyandang Diabetes usia 20-79 tahun sekitar 10,3 juta orang.
Bicara mengenai Diabetes, tentunya tak jauh dari pola hidup sehari-hari. Selain faktor genetik, gaya hidup yang tidak teratur, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan malas bergerak menjadi faktor penentu munculnya penyakit Diabetes Melitus atau lebih kita kenal dengan kencing manis. Diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Itulah mengapa pengidap Diabetes harus waspada, karena jika tidak di kontrol dengan baik bisa memicu komplikasi penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan mata, stroke, kerusakan saraf bahkan kerusakan ginjal dan jantung.
Sebenarnya salah satu keluhan yang paling banyak dilaporkan pengidap Diabetes adalah luka yang sulit sembuh terutama bagian kaki. Itu sebabnya bagi penderita Diabetes, luka sekecil  apapun harus segera ditangani dengan benar karena jika tidak bisa menjadi borok di kaki. Bahkan pada beberapa kasus, kaki pengidap diabetes harus diamputasi.
TERAPI HIPERBARIK UNTUK PENDERITA DIABETES
Salah satu tipe layanan medis yang bisa dilakukan oleh penderita Diabetes adalah Terapi Hiperbarik.
Menurut dokter Hiperbarik Kasih Ibu Hospital Saba, dr. Andrea Wijaya, HBOT (Hyperbaric Oxygen Therapy) atau lebih dikenal dengan Terapi Hiperbarik merupakan terapi adjuvan atau pendamping untuk meningkatkan angka kesembuhan dan perbaikan jaringan pada luka diabetes tahap lanjut melalui berbagai proses:
1. Menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri pada luka  diabetes yg terinfeksi
2. Mengurangi dan mempersingkat proses peradangan luka diabetes
3. Memberikan asupan oksigen pada jaringan luka untuk mempercepat pertumbuhan pembuluh darah dan jaringan baru
Nah, jika anda membutuhkan jenis layanan terapi Hiperbarik, segeralah menghubungi Hyperbaric & Diving Medicine Centre Saba di no tlp (0361) 300 3028 dan konsultasikan dengan dokter terkait.
Leave a reply