Bahaya Yang Mengintai Dibalik Hipertensi

Tahukah anda jika tekanan darah normal berkisar 120/80 mmHg?  Jika lebih dari angka ini, maka seseorang dikatakan berisiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kalau tekanan darah tinggi dibiarkan begitu saja, tentunya bisa merusak pembuluh darah dan organ dalam tubuh serta menyebabkan komplikasi hipertensi.

Nah, beberapa komplikasi hipertensi yang bisa terjadi diantaranya :

1.      Serangan jantung

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah arteri, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Akibatnya bisa terkena serangan jantung.

2.      Gagal jantung

Saat tekanan darah tinggi, otot jantung memompa darah lebih keras agar dapat memenuhi kebutuhan darah ke semua bagian tubuh. Hal ini membuat otot jantung lama-lama menebal sehingga jantung kesulitan memompa cukup darah. Konsekuensinya, gagal jantung.

3.       Stroke

Stroke bisa terjadi saat aliran darah kaya oksigen ke sebagian area otak terganggu karena ada sumbatan atau ada pembuluh darah yang pecah. Penyumbatan ini terjadi karena adanya aterosklerosis dalam pembuluh darah. Hal ini terjadi karena tekanan darah terlalu tinggi sehingga pembuluh darah di salah satu area otak pecah.

4.      Aneurisma

Tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan salah satu bagian pembuluh darah melemah dan menonjol seperti balon, membentuk aneurisma. Aneurisma biasanya tidak menyebabkan tanda atau gejala selama bertahun-tahun. Namun, jika aneurisma terus membesar dan akhirnya pecah, ini bisa mengancam nyawa.

5.      Masalah ginjal

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan pembuluh darah di ginjal menyempit dan melemah.

6.      Masalah mata

Tak hanya bisa memengaruhi pembuluh darah di ginjal, tekanan darah tinggi juga bisa memengaruhi pembuluh darah di mata. Pembuluh darah di mata bisa menyempit dan menebal akibat tekanan darah tinggi. Pembuluh darah kemudian bisa pecah dan mengakibatkan kerusakan mata, mulai dari penglihatan kabur sampai kebutaan.

7.      Kesulitan dalam mengingat dan fokus

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan perubahan kognitif. Anda mungkin akan mengalami masalah dalam berpikir, mengingat, dan belajar. Tanda-tandanya seperti kesulitan dalam menemukan kata-kata saat berbicara dan kehilangan fokus saat dalam pembicaraan.

Biasakan untuk memeriksa kondisi kesehatan secara rutin. Jika menemui gejala yang kurang baik, segeralah ke rumah sakit agar bisa ditangani dengan cepat oleh dokter yang berkaitan.

Kasih Ibu Hospital siap menjadi sahabat dan membantu anda setiap waktu. Jangan sungkan untuk menghubungi no telepon berikut ini :

Kasih Ibu Hospital Denpasar  (0361) 3003030
Kasih Ibu Hospital Kedonganan (0361) 703270
Kasih Ibu Hospital Tabanan (0361) 3005757
Kasih Ibu Hospital Saba (0361) 3003333
Leave a reply