Virus Corona Dapat Dicegah

Sampai saat ini Virus Novel Corona masih menjadi kekhawatiran banyak orang. Novel coronavirus (2019-nCoV) atau virus corona merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus corona merupakan virus jenis baru yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Awalnya virus corona merupakan penyakit bersifat zoonosis atau penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Tetapi dalam perkembangannya virus corona dapat menyebar antar manusia.

Inveksi virus corona ditandai dengan beberapa gejala klinis seperti; demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, dan letih lesu.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk menjaga tubuh #SahabatKIH dari virus corona, untuk itu beberapa langkah pencegahan dapat dilakukan sebagai bentuk antisipasi sekaligus meningkatkan kesiagaan.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dimulai dari meningkatkan kebersihan diri dengan sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga asupan gizi seimbang dengan memperbanyak buah dan sayur, menghindari konsumsi daging yang tidak dimasak, rajin berolahraga, dan milikilah waktu istirahat yang cukup. Apabila sedang mengalami batuk atau pilek sebaiknya menggunakan masker.

Selain itu, apabila #SahabatKIH merasakan gejala klinis seperti batuk, pilek, dan sesak nafas segera hubungi fasilitas medis terdekat. #SahabatKIH juga dihimbau untuk berhati-hati saat melakukan kontak dengan hewan.

Ditengah kepanikan tentang kemunculan virus corona, sejumlah informasi dan berita hoax ramai tersebar di media sosial. #SahabatKIH perlu memeriksa kebenaran dan fakta informasi yang tersebar tentang virus corona agar tidak menimbulkan kesalah pahaman dan ketakutan yang berlebihan. 

Meskipun hingga saat ini belum ada laporan terkait virus corona di Indonesia. Pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik. Untuk itu yuk tingkatkan kebersihan diri dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar #SahabatKIh terhindar dari virus tersebut!

Leave a reply