Hindari Serangan Jantung Di Usia Muda!

Serangan jantung dapat dialami oleh siapapun tanpa mengenal usia termasuk mereka yang masih muda. Spesialis Jantung Kasih Ibu Hospital Denpasar, dr. Gede Angga Permana Astara Wangsa, menyampaikan bahwa  serangan jantung adalah istilah awam untuk terjadinya kematian sel – sel otot jantung akibat sumbatan pada pembuluh coroner jantung.

Nah untuk mencegah mencegah penyakit jantung coroner, ada beberapa hal yang dapat  Sahabat KIH lakukan:  

1.      Hindari rokok

Asap rokok yang dihisap secara rutin akan memiliki efek sebagai radikal bebas yang merusak integritas pembuluh darah secara umum, termasuk pembuluh coroner.

2.      Kendalikan tekanan darah

Kondisi tekanan darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat memicu disfungsi dinding pembuluh coroner akibat beban tekanan.

3.      Kontrol gula darah

Gula darah yang tinggi secara tidak terkontrol akan menyebabkan pembentukan radikal bebas dalam aliran darah. Radikal bebas dapat mencederai dinding pembuluh darah dan menginisiasi proses pembentukan plak aterosklerosis (penumpukan plak kolesterol).

4.      Olahraga teratur

Lakukanlah aktivitas fisik seperti jogging, berenang atau bersepeda sebanyak 5 kali seminggu dengan frekuensi 30 menit (150 menit per minggu). Olahraga dengan intensitas berat dapat dilakukan, namun harus dengan pengkondisian fisik yang baik sebelumnya, tidak disarankan secara mendadak, dan durasi ideal adalah 15 menit/ satu kali olahraga dengan frekuensi 5x per minggu.

5.      Kontrol kadar kolesterol

Kontrol kolesterol utama yang disarankan adalah kadar kolesterol LDL <115 mg/dL. Namun pada individu dengan risiko tinggi, target control LDL disarankan < 100 mg/dL.

Masih menurut dr. Angga, kelola stress juga sangat penting dilakukan karena memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan hormon yang berkaitan dengan metabolism dan sirkulasi. Selain itu terapkan diet dengan nutrisi seimbang dan istirahat yang cukup.

Lakukan pemeriksaan jantung secara berkala untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung atau untuk pengobatan jantung coroner.

dr. Gede Angga Permana Astara Wangsa Dokter Spesialis Jantung Kasih Ibu Hospital Kedonganan & Saba
Leave a reply