Beach Clean Up di Pantai Kelating

Peringati hari Lingkungan, RSU Kasih Ibu Tabanan Gelar KIH Beach Clean Up di Pantai Kelating

Selain melakukan kegiatan sosial dan melayani masyarakat dalam bidang kesehatan, RSU Kasih Ibu Tabanan juga menunjukkan keperdulian akan lingkungan. Salah satu bukti dari keperdulian ini adalah digelarnya aksi KIH Beach Clean Up atau bersih-bersih pantai di Pantai Kelating yang berlokasi di Desa Kelating Kerambitan Tabanan, Jumat (29/6).

Direktur RSU Kasih Ibu Tabanan, dr. Ketut Sumiarta,M.Kes disela-sela acara KIH Beach Clean Up mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai ini akan digelar secara rutin dan berkesinambungan. Menurutnya, selain wilayah pegunungan, Tabanan juga memiliki garis pantai yang cukup panjang mulai dari pantai Yeh Gangga, Pantai Kelating hingga Pantai Soka. ‘’Permasalahan di setiap pantai adalah adanya sampah baik organik maupun non organik. Inilah yang hendak kami tangani bersama dengan mengajak lembaga terkait,’’ ujarnya.

Sumiarta melanjutnya karena pelayanan RSU Kasih Ibu Tabanan ada di Tabanan menjadi tanggung jawab pihaknya juga untuk menjaga lingkungan Tabanan. Dalam acara KIH beach clean up selain menurunkan SDM dari pihak manajemen, RSU Tabanan juga menggandeng Eco Bali Recyling dalam hal pemilahan dan pembuangan sampah yang dikumpulkan saat kegiatan berlangsung, International Love Nature Association (INLA), Orari, Ikatan Notaris Indonesia, Vila Soori dan LSM Semut bersama desa dinas terkait.

Perhatian Kasih Ibu Hospital Tabanan Bali tidak hanya pada lingkungan tetapi juga masyarakat Tabanan. Menurut Sumiarta, selain pelayanan kesehatan intern dalam hal ini di rumah sakit, RSU Kasih Ibu juga memberikan pelayanan eksternal. Salah satunya pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pemangku dan masyarakat saat adanya pujawali di pura-pura yang ada di Tabanan.

Sementara itu dari Eco Bali Recycling, Ketut Mertaadi menambahkan sampah-sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan KIH Beach Clean Up yang digelar Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan Bali ini akan difasilitasi pihaknya dalam hal pengelolaan maupun pembuangannya. ‘’Sampah ini tidak semua dibuang ke TPA. Tetapi dipilah dulu. Untuk sampah yang didaur ulang kami kumpulkan untuk nantinya diolah kembali sementara yang tidak kami bawa ke TPA,’’ jelasnya.Mertaadi juga mengapresiasi giat beach clean up yang diinisiasi Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan turut mengandeng lintas komunitas “Semoga semakin banyak pihak yang perduli terhadap penanganan sampah,” tutupnya. (adv) – Balipost

Leave a reply