Operasi Gratis Bibir Sumbing di Saba

Bekerja sama dengan Yayasan Senyum Bali, Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Saba kembail menggelar bakti sosial untuk operasi gratis bibir sumbing dan celah langit langit. Operasi gratis untuk belasan pasien pada rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Pantai Saba, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh ini, digelar selama dua hari hingga Minggu 5/8) kemarin.

Direktur RS Kasih Ibu Saba, dr. Gede Ngurah Buana M.Kes.,mengatakan kegiatan ini merupakan sinergitas dengan Yayasan Senyum Bali. Sebagai yayasan nirlaba, mereka selama ini konsen membantu pasien yang mengalami kelainan wajah. “ Mengoptimalkan proses ini, Yayasan Senyum Bali memiilih RS Kasih Ibu Saba, yang saat ini juga sedang memberikan pelayanan pada pasien bibir sumbing, “ jelasnya.

Ditambahkan terpilihnya RS Kasih Ibu Saba untuk bekerja sama dengan yayasan ini, tentu karena ketersediaan layanan yang lengkap, meliputi peralatan dan sumber daya manusia berupa spesialis bedah plastik dan dan spesialis saraf. “ Kolaborasi spesialis ini lah yang bisa mengerjakan penyakit sulit yang berhubungan dengan kelainan wajah. Tentunya kami menjadi satu-satunya rumah sakit di wilayah Bail timur yang memiliki dua spesialis itu, “ katanya.

Dikatakan kerjasama dengan Yayasan Senyum Bali sudah terjalin sejak November 2017, selama berjalannya kerjasama itu sudah ada 28 pasien yang terlayani. Sementara kini ada 14 pasien yang akan dioperasi dari Sabtu (4/8) hingga Minggu (5/8). “ Para pasian ini dominan berasal dari Bali, bahkan ada yang dari Nusa tenggara timur, “ katanya.

Ditegaskan operasi gratis untuk pasien bibir sumbing dan celah langit-langit akan digelar berkelanjutan. Dihimbau kepada masyarakat yang ingin mendapat pelayanan ini tinggal datang ke RS Kasih Ibu Saba yang berlokasi di Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh atau terlebih dahulu menghubungi Yayasan Senyum Bali yang berkantor di Denpasar. “Harapan kami supaya masyarakat lebih banyak tahu tentang program ini, terutama di wilayah Gianyar dan Bali pada Umumnya, “ katanya.

Kabid pelayanan kesehatan diskes Gianyar, I Putu Awan Saputra SH., MH. Saat membacakan sambutan Kadiskes Gianyar dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan operasi gratis bibir sumbing dan celah langit langit. “ Kami juga menucapkan selamat atau ulang tahun Kasih Ibu Hospital Saba ke II, “ katanya.

Dikatakan RS Kasih Ibu Saba telah memiliki ijin opresional, dan mampu memiliki fasilitas gedung pelayanan yang baik. Melalui sambutan itu, Kadiskes pun berpesan ada RS Kasih Ibu Saba terus berjuang dan berperan menjadi RS rujukan yang berkualitas. “ Saya ucapkan terimakasih atas kepatuhannya sebagai mitra kerja pemerintah, “ katanya.

Ketua Pengurus Yayasan Senyum Bali, Desak Made Sukma Dewi, mengatakan selama ini jumlah pasien yang ia tangani terus bertambah, guna memberikan pelayanan cepat akhirnya dipilih RS Kasih Ibu Saba. “ Selama ini kami sangat puas dengan pelayanan RS Kasih Ibu Saba, dan disini pelayanan cepat, “ katanya.

Salah satu pasien yang mendapat pelayanan ini ialah bayi berusia 1,5 tahun, I Gede Suyasa. Putra kelima dari Ni Made Suci I Putu Wiarta ini mengalami bibir sumbing. Beruntung mereka terbantu berkat bakti sosial yang digelar RS Kasih Ibu Saba dan Yayasan Senyum Bali. “ Sangat merasa terbantu, karena diringankan dari segi biaya, kami ucapkan terima kasih kepada RS Kasih Ibu Saba, “ tandasnya Ni Mada Suci. (adv) – sumber BaliPost

Leave a reply